Shin Tae Yong Favoritkan Saddam Gaffar Menjadi Juru Gedor Timnas U-19

Saddam Gaffar Difavoritkan jadi Juru Gedor Timnas U-19

Jakarta, Niteni.id -  Saddam Gaffar mencuri perhatian Pelatih Shin Tae Yong dalam laga persahabatan U-19 melawan Qatar, Minggu ( 20/9/2020 ) .

Saddam menjadi satu- satunya  pemain yang mencetak gol bagi Timnas U-19 di menit ke-61. Akan tetapi keunggulan Timnas U-19 itu tidak bertahan lama. Timnas Qatar mampu membuat keunggulan sama kuat 1-1  hingga pluit akhir ditiupkan.

Penggawa salah satu tim Liga 1, PSS Sleman bernama lengkap Saddam Emiruddin Gaffar lahir di Semarang, pada 20 April 2002. Diberangkatkan ke Kroasia setelah menjalani pemusatan latihan ( TC ) Timnas U-19 di Jakarta.

Sebelumnya, Shin Tae Yong hanya memanggil 46 nama yang dipanggil ke pemusatan latihan. Setelah dilakukan  seleksi, pelatih asal Korea tersebut menyaringnyamenjadi 30 nama untuk diberangkatkan  pemusatan latihan di Kroasia dan Saddam Gaffar termasuk 30 nama didalamnya.

Saddam bukannlah wajah yang baru dalam skuad Timnas U-19. Dirinya sudah memiliki pengalaman internasional di ajang piala AFF U-18 tahun 2019 lalu di Vietnam dan juga pernah mengikuti kompetisi  antar pelajar 2018 di India.

Saddam bermain di posisi penyerang.Memiliki postur tubuh yang tinggi 1,83 meter. Saddam dijagokan mampu menjadi bomber Timnas Indonesia masa depan karena memiliki naluri haus gol yang sangat baik sebagai penyerang.

Menggunakan formasi 4-4-2 yang diterapkan pelatih Shin Tae Yong, Saddam merasa cocok apalagi mendapat pasangan duet dengan Irfan Jauhari sebagai juru gedor timnas Indonesia.

Hadirnya Saddam sebagai juru gedor Timnas U-19 bisa menjadi mesin gol untuk Garuda Muda. Timnas U-19 memiliki gelandang sayap dengan umpan-umpan yang akurat sehingga sangat siap untuk "melayani" Saddam yang haus gol untuk memenangkan laga.

Ketajaman Saddam di gawang lawan sudah terbukti melawan Qatar Minggu malam. Dengan memanfaatkan postur yang tinggi, Saddam mencetak gol melalui kepalanya membuat pemain bertahan Qatar terdiam dibuatnya.

Tipe striker seperti Saddam menjadi kesukaan Pelatih Shin. Dengan memiliki postur yang  tinggi dan kokoh Saddam bisa berduel melawan bola-bola atas dengan pemain belakang lawan.

Pada perhelatan Piala U-20 di tahun 2021, Shin pernah membutuhkan pemain dengan postur tubuh tinggi dan besar untuk dipersiapkan menghadapi lawan dari benua Latin, Amerika Latin dan Afrika yang mempunyai Postur yang cukup besar dan tinggi.

Dengan alasan itu juga pelatih Shin men seleksi pemain dengan keturunan Indonesia. Dua pemain diantaranya yang mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 yakni Elkan Baggot dan Jack Brown yang juga  memiliki postur tubuh  tinggi dan besar. (Farhan)

Penulis:

Baca Juga