Pencetak Gol Bersejarah Ke Gawang Perancis Di Piala Dunia 2002 Meninggal Dunia

Jakarta-Niteni.id, Eks pemain nasional Senegal  yang pernah membobol gawang Perancis pada Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop Meninggal dunia pada hari Minggu (29/11/2020) di Paris Perancis.

Disebutkan Papa Bouba  Diop meninggal pada usia 42 Tahun, setelah mengalami sakit berkepanjangan. Diop ditenggarai  meninggal karena Charcot disease, sejenis penyakit yang menyerang saraf dan membuat penderitanya merasakan mati rasa pada sendi.

Dalam perjalanan karirnya , Diop diketahui   tak penah membela tim besar. Kiprahnya dilapangan hijau  hanya berkutat pada  klub-klub lokal seperti Neuchatel Xamax, Grasshopper, Lens, Fulham, Portsmouth, AEK Athens, West Ham United, dan Birmingham City.Tak heran prestasi Diop pun tidak begitu gemerlap.

Pencapaian pemain gelandang Senegal ini, yang paling diingat adalah saat ia berhasil bersama Portsmouth secara mengejutkan menjadi juara Piala FA 2008. Sementara di level timnas, ia membawa Senegal menjadi runner-up Piala Afrika 2002.

Yang membuat nama Diop mendunia bukanlah dua gelar diatas yang pernah diraihnya itu, melainkan karena golnya ke gawang Fabian Barthez di Pialan Dunia  Seoul 2002.

Timnas Senegal yang datang ke Piala Dunia 2002 dengan status Tim debutan langsung berhadapan dengan tim Raksasa  Prancis di laga perdana Grup A pada 31 Mei 2002. Dan penggemar sepak bola duniapun  tak ada yang mengira bahwa  Singa Teranga julukn untuk Senegal,  akan memberikan kejutan, terlebih saat itu Prancis berstatus juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Diop dan kawan-kawan berhasil membungkam publik Perancis yang hadir. Di menit ke-30, El Hadji Diouf melepaskan crossing ke depan gawang Prancis. Bola disapu Emmanuel Petit, namun malah membentur Barthez. Diop yang tak jauh dari sana langsung menyambar bola tak bertuan itu ke ke gawang Prancis yang kosong. Senegal pun berhasil mengalahkan juara dunia Perancis melalui gol tunggal Diop.

Perancispun harus angkat koper lebih awal dari perhelatan Piala Dunia Seoul 2002. Dan Diop pun membuat sejarah bagi Senegal karena golnya. Selamat jalan Papa Bouba Diop..

Penulis:

Baca Juga