Misteri Serpihan Kapal Nanggala – 402 Mengapung

JAKARTA, Niteni.id - Penemuan bongkahan atau serpihan kapal yang mengapung bersama tumpahan minyak saat pencarian kapal pada hari kedua dan ketiga menjadi bukti tenggelamnya kapal selam Nanggala - 402 di perairan utara Bali.

Kepala Staff Angkatan Laut  Laksmana Yudo Margono menjelaskan serpihan kapal ditemukan kurang lebih 2 mil disebelah selatan dari posisi kapal tersebut menyelam.

"Temuan (serpihan) ini ditemukan mengapung bersamaan dengan tumpahan minyak waktu awal hari kedua dan ketiga, kurang lebih jaraknya sekitar 2 mil dari posisi datum, saat kapal selam tersebut menyelam di selatannya. Mungkin waktu itu kena arus, jam 4.30 dia menyelam, ini ketemunya sekitar jam 7 - 8." Jelasnya.

Diduga tenggelamnya kapal selam Nanggal - 402 bukan karena ledakan melainkan retakan besar yang di kedalaman laut sekitar 800 - 850 meter yang riskan hingga memungkinkan air laut cepat masuk ke kabin-kabin kapal.

"Kemungkinan (air) masuk ada tapi ada kemungkinan juga ada bagian kabin-kabin yang air tidak bisa masuk. Karena dalam kapal selam kan ada sekat-sekatnya. Apabila itu ditutup bisa air tidak masuk. Sudah ada kemungkinan-kemungkinan seperti itu." tambah Laksmana Yudi Margono.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga