Jangan Mudik ! Karena Covid – 19 Masih Ada

Kakorlantas bersama direktur Jasa raharja dan Kepala ASDP pelabuhan Bakauheni meninjau langsung pos penyekatan mudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Kamis (22/4/2021)

PALEMBANG, Niteni.id - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengecek kesiapan titik-titik penyekatan untuk menghalau pemudik di jalur Sumatera Kamis (22/4/2021). Istiono menegaskan tidak ada celah bagi pemudik untuk bisa lolos dari penyekatan.

“Kita melihat kesiapsiagaan anggota kita dalam rangka mudik ini di pos pos yang telah digelar antara lain di jalan tol, arteri sudah disiapkan semua dari Banten, Lampung maupun Palembang. Kesiapsiagaan sudah optimal, tinggal pelaksanaannya. Semuanya saya kira tidak ada celah untuk lolos dari penyekatan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Tol Kramasan, Palembang, Sumatera Selatan,

Istiono saat mengecek di pelabuhan Bakauheni, Lampung mendapatkan penjelasan dari jajaran Ditlantas Polda Lampung menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam mengelola peniadaan mudik.

“Yang terpenting kita mengelola keseimbangan antara penyebaran Covid, supaya tidak ada kerumunan yang signifikan seperti apa, ini dinamis, jadi gunakan persuasif dan humanis dikedepankan,” ujarnya.

Selain itu, Jendral bintang dua tersebut meminta adanya gelaran Swab antigen random di tiap wilayah. Hal ini guna mengakomodir masyarakat agar diperiksa kesehatannya.

“Tentunya wilayah juga mengikuti dinamika itu, karena juga kalau di wilayah Palembang ini di internal mungkin diatur oleh provinsi sendiri. Untuk prokes harus tetap dijaga, ada PPKM wilayah, wilayah-wilayah itu menentukan karantina dan sebagainya,” jelasnya.

Terakhir, Kakorlantas mengimbau masyarakat untuk tetap tidak melakukan mudik baik sebelum, saat peniadaan mudik, atau sesudahnya. Jenderal bintang dua ini mengingatkan bahwa kebijakan peniadaan mudik untuk menekan penyebaran COVID-19 yang masih ada.

“Supaya masyarakat betul-betul menyadari ya. Masyarakat sudah mendapat pengalaman 1 tahun ini ya saya pikir masyarakat sudah mengerti apa yang terjadi sekarang ini, bahwa COVID-19 menjadi masalah kita semuanya. Covid-19 menjadi ancaman kita semua, nggak tau berakhirnya kapan, ini mesti kerjasama dengan masyarakat yang optimal, punya kesadaran sendiri tidak melakukan mudik,” pungkasnya.

Dalam survey titik-titik penyekatan di jalur Sumatera, Kakorlantas didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan, Dirut PT Jasa Raharja Budi Raharjo beserta jajarannya.

Penulis:

Baca Juga