6 Manfaat Puasa Senin Kamis, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak
Berpuasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak

Jakarta, NIteni.id - Puasa Senin-Kamis tentu saja bernilai ibadah, meskipun puasa Senin Kamis adalah puasa sunah, tetapi puasa ini istimewa karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain menjalankan ibadah yang telah dianjurkan oleh Rasulullah, puasa sunah Senin Kamis ternyata memiliki dampak baik bagi kesehatan secara nyata. Puasa senin kamis merupakan ibadah sunah yang umum dilakukan.

Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Banyak orang melakukan puasa Senin Kamis untuk memperoleh keberkahan Allah. Namun selain untuk memperoleh keberkahan, manfaat puasa Senin Kamis ini juga sangat baik untuk kesehatan.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan. Padahal manfaat yang diperoleh juga begitu besar. Ini enam manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan ini seperti mencegah penyakit, detoksifikasi, dan menurunkan berat badan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan. Puasa dapat menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa saat berpuasa, maka memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada hanya diet biasa.
  2. Meningkatkan Sensitivitas Insulin. Puasa terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat (gula) lebih baik daripada tidak berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah.
  3. Mempercepat Metabolisme. Puasa dapat memberi energi metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan buruk, ini dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak.
  4. Meningkatkan Fungsi Otak. Berpuasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak karena meningkatkan produksi protein yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF mengaktifkan sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu banyak bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan membuat sel-sel kanker kelaparan.
  2. Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat. Puasa dapat membantu membersihkan kulit karena dengan tubuh sementara dibebaskan dari pencernaan, puasa dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. (E03)
Penulis:

Baca Juga